Senin, 27 November 2017

5 great business story





5 great business story




ide-ide di balik bisnis milyaran dollar







sebuah kisah bisnis sukses yang dimulai dari ide cemerlang , memang membuat kita berpikir bahwa kita dapat dengan mudah melakukan hal yang sama. meski begitu para miliuner sekarang tidaklah dilahirkan sebagai seorang penjual , atau bahkan seorang manajer yang baik sebaliknya. talenta mereka terletak pada perekrutan orang yang tepat. secara sederhana bahwa cara-cara untuk sukses dalam bisnis bisa dilihat dari bisnis-bisnis yang sukses.



berikut adalah kisah-kisah sukses dari perusahaan ternama:

1.blackberry

Mike Lazaridis adalah pendiri perusahaan asal Kanada tersebut. Ia mendirikan RIM (Research in Motion) yang merupakan perusahaan yang meluncurkan produk Blackberry

Mike Lazaridis lahir di Istanmbul, Turki pada 14 Maret 1961. Saat umur 5 tahun ia dan keluarganya pindah ke Kanada. Lazaridis sejak kecil sudah terlihat jenius. Ia hobi membaca.

Pada tahun 1979 ia kuliah di Universitas di Ontario, Kanada. Namun akhirnya ia drop outdari kampus tersebut. Sama seperti beberapa pengusaha di bidang IT lainnya seperti Bill GatesMark Zukerberg, dan lain-lain. Tapi walaupun begitu, di kampus tersebutlah awal mula Lazaridis mulai merintis perusahaan.


Blackberry kini menjadi gadget yang mendunia dari perusahaan Kanada, Research in Motion. Sukses besar perusahaan Mike Lazaridis ini terjadi setelah tahun-tahun produk yang hampir dinamakan Strawberry ini diremehkan dan harga saham perusahaannya yang terjun bebas.



2. starbucks


Original Starbucks adalah nama yang sering diberikan untuk gerai Starbucks pertama. Gerai ini didirikan tahun 1971 di daerah lain, lalu dipindahkan ke Pike Place Market di Downtown SeattleWashington, Amerika Serikat. Gerai ini masih mempertahankan arsitektur aslinya dan mematuhi panduan rancangan bangunan karena memiliki nilai sejarah.[1] Gerai ini menjadi tempat wisata dan dikunjungi banyak pelanggan.


Howard Mark Schultz (lahir 19 Juli 1953) adalah seorang pebisnis dan penulis asal Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai ketua dan CEO Starbucks dan mantan pemilik Seattle SuperSonics. Schultz juga mendirikan Maveron, sebuah perusahaan investasi, pada tahun 1998 bersama Dan Levitan.
Pada tahun 2012, Forbes menempatkan Schultz sebagai orang terkaya ke-354 di Amerika Serikat dengan kekayaan bersih $1,5miliar.


3. microsoft

Bill Gates yang bernama asli William Henry Gates III, lahir pada tanggal 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.Dia mengahabiskan waktu berjam–jam membuat program, melakukan permainan, dan mempelajari tentang komputer.

Di tahun 1990, Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation. Melalui yayasannya ia banyak menyumbang dana yang tidak sedikit untuk kegiatan sosial. Itulah Bill Gates, orang terkaya yang sempat memutuskan drop out dari kampusnya. Penghasilannya sekitar US$7,8 milyar setahun artinya ia akan mendapatkan US$250 setiap detiknya. 

Pelajaran penting yang bisa kita petik dari kisah sukses Bill Gates adalah, ia berani mengambil keputusan untuk fokus pada apa yang ia impikan. Selain itu, walaupun telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk amal, ternyata kekayaannya malah meningkat dan kini kembali berada di urutan teratas orang terkaya di dunia.


4. mc donald


Saat berusia 15 tahun, Ray Kroc bekerja sebagai sopir ambulan untuk palang merah. Pada perang dunia II ia ikut serta dalam perang tersebut dan mengorbankan sekolahnya. Setelah perang usai, ia kembali bekerja sebagai salesman gelas kertas yang pada saat itu menjadi barang baru. Kroc menjadi salah satu karyawan terbaik di perusahaan itu.
Dalam usahanya menjual gelas kertas, ia bertemu dengan Earl Prince, penemu mixer yang dapat digunakan untuk membuat milkshake.
Suatu saat perusahaan tempat Kroc bekerja mengalami penurunan penjualan hingga perusahaan terpaksa memotong gaji Kroc sebesar 10%.Kroc tidak terima karena ia merasa hasil kerjanya lebik baik dari yang lain, dan itu memang benar. Alhasil perusahaan tidak jadi memotong gaji Kroc, justru gaji anak buha Kroc yang dipotong. Kroc berang dan memutuskan untuj keluar dari perusahaan.
Ia pun mencari Earl Prince. Ia meminta Earl memberinya hak eksklusif untuk memasarkan formula milkshake buatan Earl.
Earl setuju dan dalam waktu 15 tahun Kroc berhasil memasarkan produk ini ke seluruh Amerika.
Ketika menjual milkshake ini, Kroc sadar pembeli terbesarnya datang dari sebuah restoran yang berpusat di California, yang dimiliki oleh McDonald bersaudara. Ia pun terbang ke California untuk melihat bisnis pelanggannya itu.
Namun sang pemilik, yaitu McDonald bersaudara, tidak memiliki keinginan untuk mengembangkannya lebih jauh. Ray Kroc kemudian mengajukan diri untuk menjadi terwaralaba bagi McDonald.
Pada tahun 1954, Ray Kroc membuka McDonald’s pertamanya di Des Plaines, Illinois. Pada tahun 1961, ia berhasil membeli McDonald’s Corporation seharga $2.7 juta dari McDonald bersaudara. Namun di saat bersamaan, kesehatan Kroc semakin memburuk. Ia menderita diabetes dan arthritis. Sejak saat itu Kroc berhasil merekurt franchise secara besar-besaran yang tersebar di berbagai negara dan dikenal hingga saat ini.

5. apple

Bernama lengkap Steven Paul Jobs, ia lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februaru 1955. Ia mengembangkan perusahaan Apple Computer bersamaSteve Wozniak. Ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan produknya Apple II.

Ia dilahirkan di San Fransisco oleh ibunya Joanne Simpson dan ayahnya Abdulfattah Jandali mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi beliau diadopsi Paul dan Clara Jobs dari Mountain View,Santa Clara County California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs. 

Pada saat kuliah di Reed College, ia menghabiskan harta orang tua angkatnya, karena biaya kuliah yang cukup mahal sementara orang tua angkatnya bukanlah orang yang kaya. Di sisi lain ia merasa pendidikan di kampus tak ada manfaatnya. Akhirnya ia memutuskan untuk berhenti kuliah. Tapi ia tak sepenuhnya meninggalkan kampus itu. Ia hanya mengikuti pelajaran yang sesuai minatnya, sementara saat itu ia tinggal menebeng di kamar kos temannya. Saat itu pula ia sempat belajar mengenai tipografi. Ia sangat menyukai pelajaran itu, walaupun saat itu tak tau apa manfaatnya. 

Kisah sukses Steve Jobs dimulai ketika berumur 20 tahun, ia memulai usahanya bersamaSteve Wozniak. Mereka mulai mengembangkan Apple dari garasi. Dalam waktu 10 tahun,Apple berkembang menjadi perusahaan dengan aset 2 milyar dollar dan 4000 karyawan. Saat itu Apple mengeluarkan komputer Macintosh. Mac merupakan komputer pertama yang menggunakan tipografi yang beraneka ragam. Dan saat itulah ia baru menyadari manfaat belajar tipografi 10 tahun yang lalu. 

Pada usia 30 tahun, ia dipecat. Memang sangat menyakitkan dipecat dari perusaan yang ia bangun selama bertahun-tahun. Saat itu terjadi perbedaan pendapat di Apple dan komisaris pun tidak berpihak padanya, sehingga ia dipecat dari perusahaannya sendiri. 

Awalnya ia sempat merasa gagal, namun lima tahun kemudian ia berhasil mendirikan dua perusahaan besar, yaitu Next dan PixarPixar merupakan perusahaan yang pertama meluncurkan film animasi komputer yaitu Toys Story. Dan saat itulah ia merasa dipecat dar iApple adalah takdir yang baik. 

Kemudian Apple membeli Next dan Steve Jobs pun kembali ke Apple. Setelah Steve Jobs kembali ke Apple, perusahaan itu pun menunjukkan peningkatan yang luar biasa dengan inovasi yang terus muncul. Hingga saat ini, Apple menjadi perusahaan yang terus berinovasi mulai dari I pod, I phone, hingga I pad yang merupakan komputer tablet pertama. Kisah sukses yang telah dicapai Steve Jobs bersama Apple adalah karena ia mencintai pekerjaannya. 















Tidak ada komentar:
Write komentar